Sudut Biotek

Print

SMPIT Arafah Depok Kunjungi Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI

smpitarafahCibinong, 14 November 2018. Pusat Penelitian (P2) Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari SMPIT Arafah yang berlokasi di Kota Depok. Peserta kunjungan yang berjumlah 98 orang diterima di auditorium Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI yang didampingi oleh 5 orang guru mata pelajaran biologi serta wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang turut memberikan sambutan diawal kegiatan. Acara dibuka oleh Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama P2 Bioteknologi LIPI yang menyampaikan ucapan terimakasih karena telah berkunjung dan menjadikan P2 Bioteknologi sebagai tempat pembelajaran siswa diluar sekolah untuk pengetahuan dasar di bidang bioteknologi.

Peserta kunjungan yang duduk dikelas 8 SMP ini sangat antusias menyampaikan pertanyaan-pertanyaan setelah menyaksikan pemutaran video profil P2 Bioteknologi LIPI yang dilanjutkan dengan ceramah mengenai pentingnya penelitian di bidang bioteknologi yang disampaikan oleh Uus Faizal salah seorang pranata humas P2 Bioteknologi LIPI. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa laboratorium .

Pada kunjungan ke Laboratorium kimia bahan alam dimana para siswa diberikan pengetahuan tentang pemanfaatan senyawa kimia bioaktif dari tumbuhan obat Indonesia dan mikroba endofit yang ada pada tanaman obat yang disampaikan oleh wakil kepala labnya yaitu Bustanussalam. Selanjutnya, di laboratorium biokatalis dan fermentasi yang diwakili oleh Ruth Mellyawati menyampaikan tentang bakteri yang digunakan untuk membuat gel nata decoco dan keunggulannya. Kunjungan terakhir ke laboratorium mikroba simbiotik tanaman yang menyampaikan mengenai pengembangan mikroba yang bersimbiosa dan berinteraksi dengan tanaman untuk produksi pupuk hayati yang disampaikan oleh para peneliti terkait, Sylvia Lekatompessy dan Rumella Simarmata.

Ibu Lili sebagai perwakilan guru biologi SMPIT Arafah menyampaikan keinginannya untuk dapat berkunjung kembali membawa siswa-siswi mereka kelaboratorium lain yang belum mereka kunjungi karena menurut beliau para siswa perlu diberikan pengayaan materi lebih lanjut dibidang bioteknologi yang tidak didapatkan dibangku sekolah. Di akhir acara pengunjung diminta untuk mengisi kuisioner sesuai dengan ISO 9001: 2015 beserta umpan balik pelanggan yang sangat dibutuhkan untuk perbaikan pelayanan kunjungan ilmiah di P2 Bioteknologi-LIPI. (Esti/humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI