Sudut Biotek

Print

Tingkatkan Kompetensi Manajerial SDM, Puslit Bioteknologi LIPI Selenggarakan Workshop Penguatan Kapasitas Penelitian Melalui Perencanaan dan Manajemen Proyek

ayu1Cibinong, 29 November 2018. Menutup akhir tahun 2018, sekaligus untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan penelitian dimasa yang akan datang, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Penelitian Melalui Perencanaan dan Manajemen Proyek Penelitian. Kegiatan workshop ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada rabu - kamis / 28-29 November 2018 bertempat di Auditorium Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Sesuai agenda, acara diikuti oleh seluruh Tim PME di bawah kedeputian IPH LIPI serta perwakilan peneliti di lingkungan Puslit Bioteknologi LIPI dan juga peserta yang bersentuhan langsung dengan kegiatan Manajemen Proyek.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Dr. Syamsidah Rahmawati. Beliau memaparkan sasaran kegiatan workshop yaitu pembahasan mengenai target rencana pembangunan dan kebijakan anggaran di bidang IPTEK tahun 2020-2024 di tingkat nasional dan di lingkungan LIPI, serta pengelolaan kegiatan penelitian dengan menggunakan pendekatan manajemen proyek. Dengan demikian, beliau berharap penelitian yang dihasilkan dibawah kedeputian IPH, khususnya di Puslit Bioteknologi LIPI dapat memenuhi target rencana pembangunan yang telah ditetapkan, serta dikelola secara efektif, efisien, ekonomis, dan akuntabel.

ayu2Hadir sebagai narasumber dalam Acara ini adalah Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D (Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK, dan Kebudayaan – Bappenas), Ir. Prakoso, MM (Sekretaris Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek DIKTI), Opan Sopandi S. Kom, M.T.I (Kepala Bagian Anggaran, Biro Perencanaan dan Keuangan – LIPI), Prakoso Bhairawa Putera, S. IP, M. A (Plt. Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan – LIPI), Prof. Dr. Ibnu Maryanto ( Ketua Tim PME Kedeputian Bidang IPH LIPI), Dr. Ir. Fitri Suryani, MT (Dosen Fakultas Teknik – Pascasarjana Magister Teknik Sipil Universitas Persada Indonesia (UPI YAI), dan M. Lubis, S.Hut, M.Dev. Prac (Wildlife Conservation Society).

Narasumber yang ahli dan pakar dibidangnya berhasil memberikan pencerahan bagi para peserta kegiatan workshop, terbukti dari diskusi yang hidup selama berlangsungnya acara, serta antusiasme para peserta yang hadir mencapai 167 orang melampaui target 147 peserta. Ketua Panitia Acara, Basdiati, SE, merasa senang karena telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dan acara berlangsung dengan lancar dengan peserta yang bahkan melampaui target, menurutnya tujuan kegiatan ini pada intinya membuat Para Manajer Penelitian dan juga para Peneliti menjadi ahli dalam mengelola dan manajemen proyek penelitian. Beliau mengatakan, “ Pada intinya tujuan workshop ini dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan tahun 2019, workshop ini meningkatkan pengetahuan bagaimana merencanakan dan memanage pelaksanaan kegiatan penelitian dengan menggunakan pendekatan manajemen proyek, sehingga kegiatan penelitian dapat dikelola secara efektif, ekonomis, efisien, dan akuntabel ". (Ayurisya Dominata/Sub Bagian Kepegawaian)(Foto: Ahmad Dicky Kurniawan)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI