Sudut Biotek

Pentingnya Menyimpan Data Penelitian di RIN (Repositori Ilmiah Nasional) LIPI yang Berbasis Database

rin1Cibinong, 21 Desember 2018. Pada Tanggal 31 Oktober 2018, PDII Jakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penggunaan Sistem Repositori Big Data untuk Mendukung Research Data Management yang yang menampilkan narasumber kompeten dalam bidang repositori dan research data management, kegiatan ini diikuti oleh para pustakawan dan peneliti dari berbagai satuan kerja di LIPI.

rin2Dwiatri Kusumaningrum,ST dalam paparannya mengenai tentang Peran Pustakawan dalam Mengelola Data Penelitian dimana ibu Ningrum menjelaskan mengenai data penelitian yang merupakan bagian dari ouput penelitian, dimana data penelitian dikelola dan disimpan dengan tepat.Data penelitian harus disimpan ditempat yang tepat dan aman seperti database RIN (Repositori ilmiah nasional) menurutnya bahwa peran pustakawan dalam repositori adalah menentukan dan memastikan kualitas data penelitian.

rin3Slamet Riyanto dalam presentasinya menjelaskan tentang repositori dan depositori sebagai sarana penyimpanan dan analisis. Slamet Riyanto juga menjelaskan pentingnya memasukan data penelitian ke dalam RIN (Repositori Ilmiah Nasional) database seperti google drive atau dropbox yang menyimpan segala bentuk file. Data penelitian diharuskan dimasukan ke dalam database RIN (Repositori Ilmiah Nasional) yang bisa diakses di http://rin.lipi.go.id. untuk memasukan data terlebih dulu harus sign up setelah daftar login dan membuat rumahnya yaitu dataverse dan membuat datasheet. Panduan untuk mengisi RIN download di https://rin.lipi.go.id/file.xhtml?fileId=43&datasetVersionId=19. kegiatan ini juga melingkupi praktikum memasukan data hasil penelitian ke RIN ( Repositori Ilmiah Nasional).(Suherman/Pustakawan)