Sudut Biotek

Perkuat Kemitraan, LIPI Terima Kunjungan Sains PT Astra International, Tbk.

biotekastra-3

 

Humas, Cibinong, PT Astra Tbk melakukan kunjungan di Cibinong Science Centre and Botanical Garden Cibinong pada sabtu (2/2/2019). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara LIPI–PT Astra Tbk. Peserta rombongan diterima langsung Puspita Lisdiyanti selaku Plt. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.Dalam sambutannya, Puspita menerangkan bahwa kerjasama LIPI Astra ini telah terjalin sejak tahun 2017 dan diharapkan terus berlanjut mengingat programPT. Astra sangat baik untuk konservasi buah-buahan langka nusantara. “PT. Astra Tbk mempunyai divisi CSR yang ingin mengkonservasi buah langka nusantara agar tidak punah,” tutur Puspita.

 

Kebun Pranaraksa LIPI-Astra merupakan pusat konservasi untuk penyelamatan buah langka nusantara.Kegiatan ini didukung Pranaraksa Center Astra yang mengampu aktivasi dan monitoring bank data, bank bibit, dan bank pohon diarea grup Astra. Dalam kegiatan ini telah dilakukan beberapa implementasi program yakni penyemaian bibit buah langka 2014-2019, pengembangan 107 jenis tanaman buah langkah, bank bibit dan bank pohon di LIPI 2019, Sebaran Pranaraksa Center (bibit dari LIPI) ada di Jawa Barat: 4 area, DKI Jakarta : 2 area, Banten: 1 area dan Jawa Timur: 1 area, Total sebaran bibit buah langkah : 2.420 bibit dan Total jenis bibit buah langkah: 106 jenis sebagaimana disampaikan Diah Wahyu Utami selaku Deputyof Environment and Social Responsibility Division, dalam acara kunjungan ini.

 

Dalam kesempatan yang sama, Tri Muji Ermayanti, Peneliti Puslit Bioteknologi LIPI, menyampaikan bahwa pada intinya kultur jaringan itu mudah tumbuh di dalam rak kultur.“Apabila proses penumbuhan dilakukan di luar laboratorium, maka akan lebih lambat waktu proses tumbuhnya,” terang Tri Muji, ketika memandu kunjungan Presiden Direktur PT Astra (Prijono Sugiarto) ke Laboratorium Kultur Jaringan in Vitro.

Presiden Direktur PT Astra. Tbk beserta rombongan memasuki area  Green House Pranaraksa dan ke area perluasan Buah Nusantara

Selanjutnya Presiden Direktur PT Astra. Tbk beserta rombongan memasuki area Green House Pranaraksa dan ke area perluasan Buah Nusantara yang luasnya 4 hektar dan diarea ini sudah disediakan ada 40 bibit tanaman dari 4 jenis.Total tanaman diarea ini 600-700 sesuai target 2 tahun berjalan ini yang sekarang adalah tambahan untuk tahun 2019 yang baru ini.

Perjalanan pun dilanjutkan ke lokasi taman penangkaran kupu-kupu LIPI. Peneliti Biologi LIPI, Djunijanti Peggie, menyampaikan keberadaan wahana ini bertujuan supaya masyarakat mengetahui siklus hidupnya, perilakunya sekaligus sarana penyadartahuan lingkungan hidup. Di lokasi ini, LIPI telah mengkoleksi 30 spesies. “Sekitar 12 jenis diantaranya kupu-kupu dari Sulawesi, ada juga jenis kupu kupu hitam putih,” tutur Peggie pada saat kunjungan.

Muhibah sains ini pun berakhir di Museum Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI. Cahyo Rahmadi, selaku Kepala Bidang Zoologi, Pusat Penelitian Biologi LIPI menerangkan,Fasilitas ini khusus didedikasikan untuk menyimpan koleksi hewan-hewan dalam bentuk mati dan tersimpan disini semua sejak tahun 1995-1997.“Museum ini satu-satunya yang ada di Indonesia,lanjut Cahyo menambahkan.

sesi kunjungan. PT Astra International, Tbk.

Tampak rasa suka cita di wajah para pengunjung dalam mengikuti kegiata ini. Rasa ingin tahu yang tinggi pun tak ketinggalan disampaikan saat sesi kunjungan. PT Astra International, Tbk. Pun hendak terus menjalin kerja sama dengan LIPI secara berkelanjutan sebagai bukti keseriusan dalam berkontribusi dalam penyadartahuan lingkungan hidup di Indonesia. Tentunya LIPI menyambut dengan terbuka gagasana kemitraan ini. Semoga hasil kunjungan membuahkan kegiatan yang bermanfaat bagi Indonesia yang lebih hijau. (dr//ed ksm)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI