Sudut Biotek

Focus Group Discussion Pengembangan Sapi Indonesia

fgd sapi1Cibinong, 7 Agustus 2019.Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Sapi Indonesia, bertempat di Auditorium Pusat Pengembangan Inovasi dan IPTEK LIPI. FGD yang dihadiri oleh sejumlah kalangan akademisi, peneliti, dinas, dan praktisi peternakan ini merupakan FGD ke dua, dimana FGD yang pertama telah dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2018 bertempat di Fakultas Peternakan UGM. Pada FGD pertama telah dibahas persamaan persepsi terhadap tujuan, arah dan model kombinasi sapi Indonesia (beef dan dairy).

Tujuan dari kegiatan FGD ke dua ini adalah adanya pembentukan konsorsium sapi Indonesian Beef Commercial Cattle (IBCC) dan Indonesian Dairy Commercial Cattle (IDCC), penetapan bangsa sapi pejantan dan indukan yang akan digunakan dalam persilangan, metode persilangan (mating system), dan penyusunan roadmap IBCC dan IDCC.

fgd sapi2Focus Group Discussion (FGD) diawali dengan penyampaian hasil diskusi FGD sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang pembentukan konsorsium IBCC dan IDCC yang di moderatori oleh Dr. Syahruddin Said, dan pada diskusi ini forum sepakat membentuk konsorsium bersama IBCC dan IDCC dengan nama “Konsorsium Sapi Komersil Indonesia”. Disepakati juga unsur-unsur dalam konsorsium yaitu (1) Akademisi, mencakup seluruh fakultas dan jurusan peternakan di seluruh Indonesia, berkaitan dengan repository hasil-hasil penelitian sapi potong dan sapi perah, ekplorasi atau pemotretan potensi-potensi sumber daya genetik sapi lokal Indonesia,(2) Pemerintah yaitu terkait dengan seluruh regulasi yang berhubungan dengan pengembangan sapi komersil tersebut, dan mendesain kerjasama antar institusi yang berkaitan, (3) Swasta, berkaitan dengan spesifikasi sapi potong dan perah yang diharapkan oleh konsumen, (4) Masyarakat yaitu asosiasi yang berkaitan dengan peternakan dan kesehatan hewan. Dengan adanya konsorsium ini diharapkan usaha peternakan sapi dapat berkembang dan mempunyai daya saing yang tinggi, dan sapi Indonesia yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan Indonesia dalam pencapaian kebutuhan swasembada daging sapi. (warda/pranata humas)

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI