Sudut Biotek

Hasil Riset Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Tampil di Ritech Expo 2019 di Bali

RE2019Bali, 25 Agustus 2019. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas ke 24) kembali digelar pada tahun 2019. “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0” merupakan tema Hakteknas yang bertempat di lapangan Puputan Renon, Denpasar. Bersamaan dengan peringatan Hakteknas di gelar pula pameran Ritech Expo (RE).

RE yang berlangsung mulai 25 s.d 28 Agustus 2019 diyakini mampu menjadi ajang promosi inovasi daerah. "Mudah-mudahan dengan hal ini, inovasi-inovasi daerah akan bermunculan dan mendorong semangat anak muda Indonesia untuk bangkit menjadi inovator.” ucap Mohamad Nasir selaku Meneteri Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) saat membuka Hakteknas.

RE merupakan pameran rutin yang diselenggarakan Kemenristekdikti. Berbagai produk inovasi unggulan disajikan oleh perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga inovator dalam negeri. RE kali ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menampilkan hasil penelitian dari beberapa satuan kerja (satker). Salah satunya dari Pusat Penelitian (Puslit) Bioteknologi.

Produk yang ditampilkan Puslit Bioteknologi adalah produk unggulan (PUI), yaitu EML4-Alk Fusion Gene Detection, Bio Mix Plus, Binosil, Enxyme for future, super mix, Per Etanol, Enzyca, Glutech, Simple Syrup, Lacazyne, Inoka, Proweiss, Bionano – Sperma Sexing, Super Mix, Probomix, Binosil, Enzyme XYL Ks, Biotechnological Production of Industrial Wastes, Simple Syrup, RKB, Obat Herbal dari Kulit Kayu Manis dan Daun Mimba, Bioetanol dan Biomassa Lignoselulosa, Star Pros, Obat Herbal Ekstrak Mulit Manis, kit amplifikasi her2 dan Hepatitis B Elisa yang di zona LIPI. Untuk memperkaya wawasan pengunjung juga ditampilkan tayangan audio visual ( IBreeding, Proses Sperma Sexing, dan kegiatan Technopark di Banyumulek) serta brosur-brosur pendukung informasi produk.

Pada hari pertama RE antusias pengunjung cukup besar. Salah satu pengunjung RE, Firda yang berprofesi sebagai dosen Desain Kreatif Audivisual mengungkapkan materi LIPI cukup interaktif. “Selain penampilan fisik, produk juga dijelaskan dalam versi audio visual sehingga kami puas dan cukup mengerti dengan informasi tentang produk yang sedang dipamerkan. Penayangan video sangat komplit menampilkan diseminasi yang dilakukan LIPI” ungkap Firda. Dilihat dari kacamata desain komunikasi Firda mengusulkan agar kemasan produk LIPI dibuat semenarik mungkin, sembari memperlihatkan kemasan produk pakan.(ks/ed: sa)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI