Sudut Biotek

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Gelar Workshop Metabolomik

workshopCibinong, 2 September 2019. Perkembangan riset metabolomik terus melaju pesat di dunia dan sejauh ini aplikasinya sudah cukup luas dalam berbagai bidang. Metabolomik merupakan studi interdisipliner yang melibatkan profil kuantitatif metabolit yang berperan dalam proses metabolisme dalam suatu organisme. Sejauh ini Indonesia masih menghadapi permasalahan terkait terbatasnya pemahaman mengenai metabolomik dan aplikasinya untuk riset pangan walaupun, Pusat Unggulan Iptek (PUI) Biorefineri Terpadu sudah melakukan riset terkait pangan fungsional dan nutrasutika termasuk aplikasi riset dalam beberapa tahun belakangan. “Oleh karena itu melalui workshop ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait metabolomik sehingga kedepannya kita mampu meningkatkan produktivitas riset pangan fungsional dan nutraseutika dengan aplikasi metabolomik” ungkap Puspita Lisdiyanti, selaku Plt. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, saat memberikan sambutan pembukaan workshop metabolomik.

Lanjut Lilis, workshop ini merupakan Visiting Scholar(VS) yang didanai oleh program non gelar RISET-Pro pada Tahun 2019. Dengan skemanya, mendatangkan expert asing untuk dapat berbagi ilmu dan pengetahuan terkait metabolomik. Prof. Eiichiro FUKUSAKI dari Departement Biotechnology, Graduate School of Engineering, Osaka University dan timnya merupakan expert dalam bidang riset food metabolomics, metabolic profiling, metabolic engineering. Fukusaki beserta timnya sudah beberapa kali memberikan workshop dan pelatihan terkait metabolomik. Oleh karena itu, ini kesempatan bagi kita untuk dapat menginisiasi riset metabolomik di LIPI khususnya di Puslit Bioteknologi, tegas Lilis

Sebagai infomasi bahwa kegiatan Workshop metabolomik akan berlangsung sejak tanggal 2-5 September 2019 di Pusat Penelitian Bioteknologi, Cibinong yang dihadiri 30 orang peserta yang berasal dari Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang terkait bidang pangan., PUI Biorefineri terpadu, PUI Balai Penelitian Tanaman Serealia, PUI Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, PUI Peternakan, PUI Kopi dan Kakao, PUI Sumberdaya Mikroorganisme Nasional, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan peneliti Puslit Bioteknologi LIPI, disampaikan oleh Nanik Rahmani, selaku koordinator workshop metabolomik. Nanik berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang komunikasi yang efektif untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan sesama peneliti dari beberapa PUI di Indonesia, menjadi sarana kreatif bagi para peneliti untuk menginisiasi pemanfaatan hasil-hasil penelitian, sekaligus menambah pengetahuan untuk mendukung peningkatan kualitas penelitian bidang metabolomik.(est/edt KS)

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI