Sudut Biotek

Pengujian Halal dan Analisis Mutasi dengan ddPCR

Cibinong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Bioteknologi ingin memperkenalkan teknologi Droplet Digital Polymerase Chain Reaction (ddPCR), termasuk pemanfaatannya untuk deteksi halal, penyakit, dan produk rekayasa genetika. Kegiatan seminar dibuka Prof. Enny Sudarmonowati, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Selasa, (29/10/2019). Pada hari kedua kegiatan ini dilanjutkan dengan workshop di Gedung Biosafety Level 3 Laboratorium (BSL 3), Rabu, (30/10/2019) yang diikuti 27 peserta yang berasal dari Instansi, Universitas, Perusahaan dan Umum. Pada kegiatan workshop ini, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 (Halal) dan kelompok 2 (Mutasi).

Dr. Ratih Asmana Ningrum, Manajer laboratorium Biosafety Level 3, menyampaikan bahwa laboratorium ini dapat memfasilitasi peneliti untuk mengembangkan kompetensi ilmiahnya, kita harus mengedepankan kemajuan teknologi, Salah satu teknologi saat ini yang masih tergolong baru di Indonesia yang belum banyak dikuasai yaitu teknologi ddPCR. “Metode versi lama sudah ada, tetapi ada versi baru yang memiliki keunggulan dari segi akurasi, prestisi dan sensitivitas”, ujar Ratih. 

Tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ilmiah dari para peneliti mengenai versi terbaru dari ddPCR. Pada kegiatan workshop ini, peserta belajar lebih detail secara teknis versi yang terbaru dan bagaimana cara pengerjaannya. Kemudian di coba dengan sample yang sesungguhnya apakah metode ini dapat mendeteksi secara cepat, prestisi, akurat dan juga sensitive. Peserta akan mendapatkan paparan mengenai ddPCR dan bagaimana cara kerjanya. Peserta juga akan melakukan/deteksi sendiri di laboratorium. Tidak perlu lagi standard rujukan, metodenya sudah bias menghitung secara langsung jumlahnya seberapa banyak. Saat ini di Indonesia masih belum banyak yang menggunakan dan mengembangkan ddPCR, disini bisa belajar bersama sama metode ini supaya dapat dipergunakan di institusi masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. (dr).

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI