Sudut Biotek

Hari Pahlawan dijadikan Kontribusi Pembangunan Iptek

pahlawanCibinong, 11 November 2019.Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi tempat Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November tahun ini, upacara tersebut diikuti civitas pegawai LIPI di lingkungan Cibinong Science Center – Botanical Garden (CSC-BG) pada Senin, (11 /11), di Cibinong. Fauzan Ali, selaku Kepala Pusat Penelitian Limnologi LIPI, bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutan Kepala LIPI yang disampaikan Fauzan menyatakan , Hari Pahlawan diperingati guna mengenang jasa para pahlawan merupakan semangat membangun jiwa patriotisme dan Nasionalisme bagi bangsa Indonesia.

Adapun tema hari Pahlawan kali ini yaitu : “Aku Pahlawan Masa Kini”. “Tema ini dimaknai setiap individu memiliki jiwa kepahlawanan dalam dirinya masing-masing, yang jadi pahlawan dapat diwujudkan dengan berpatisipasi dan berkontribusi positif dalam berbagai bidang baik terhadap lingkungan maupun negara, sesuai dengan keahlian dan profesi kita masing-masing,” ujar Fauzan. Lanjut Fauzan , Civitas LIPI berperan penting dalam pembangunan Indonesia melalui kontribusi sesuai dengan bidang yang digelutinya, LIPI sebagai barometer pembangunan iptek dan inovasi adalah lokomotif yang terus bergerak maju guna meningkatkan kapasitas dan produktifitas Iptek dan SDM pendukung Iptek, serta memberikan sumbangsih yang bermanfaat melalui berbagai hasil riset bagi kesejahtraan dan kemakmuran bangsa dan Negara. Dirinya menambahkan, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pengukuhan Presiden Republik Indonesia, tugas LIPI sebagai lembaga pemerintah adalah menjamin program-program pemerintah dapat terasa manfaatnya oleh masyarakat. “Kita harus menjamin program tersebut delivered, bukan hanya sent. “Kita harus memastikan manfaat hasil riset LIPI dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Fauzan.

Dirinya, menuturkan bahwa Presiden Joko Widodo menyampaikan juga tentang pembentukan badan baru yang berfokus terkait riset di Indonesia, yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang diatur dalam Peraturan Presiden nomor 74 Tahun 2019. Tujuannya adalah menciptakan integrasi riset dari hulu ke hilir mulai dari riset dasar Inovasi sampai dengan komersialisasi produk, melalui BRIN diharapkan dapat meningkatkan critical mass riset khususnya terkait integrasi pendanaan dan penyatuan SDM Iptek yang sebelumnya terpencar-pencar di berbagai lembaga yang melakukan riset. Fauzan menambahkan, menjadi pahlawan masa kini juga dapat diwujudkan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi). “Untuk mewujudkan penerapan nilai-nilai tersebut, sivitas LIPI diharapkan bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) profesional yang terus berinovasi, netral, mengedepankan integritas, dan bersih dari KKN,” tutup Fauzan. (Tim Humas Cbg)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI