Sudut Biotek

Kolaborasi LIPI dan Boyolali Kembangkan Pangan Lokal Melalui Aplikasi Bibit Unggul dan Teknologi Olahan Ubi Kayu

Boyolali, 26 November 2019. LIPI bersinergi dengan Boyolali untuk mengangkat potensi pangan lokal dalam mendukung ketahanan pangan di daerah Boyolali. Menurut Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Penelitian Puslit Bioteknologi, Dr. Ahmad Fathoni,“Untuk mendukung ketahanan panganadalah dengan memanfaatkan potensi pangan lokal dan adanya aplikasi hasil riset mulai dari hulu yaitu bibit unggul dan teknologi budidaya sampai ke hilir yaitu teknologi proses dan pengolahan produk olahan pangan membantu peningkatan daya saing pangan lokal”.

Dirinya menuturkan, hasil penelitian ubikayu LIPI berupa bibit unggul dan teknologi prosesing ubi kayu menjadi mocaf kaya beta karoten dan formulasi tepung komposit menjadi mie sayur berbahan tepung mocaf ini dapat meningkatkan daya saing dan nilai ekonomi ubi kayu dan membantu diversifikasi produk pangan berbahan baku lokal. Produk pangan berbasis ubikayu sangat cocok untuk orang yang alergi terhadap gluten yang terdapat pada terigu dan produk olahannya. “Dengan sentuhan inovasi LIPI, ubikayu kaya beta karoten dapat diolah menjadi produk pangan lokal untuk mengatasi masalah kekurangan gizi seperti stunting atau kekerdilan”. “Kegiatan dengan cakupan pengembangan dan promosi pangan lokal untuk ketahanan pangan dan gizi mendukung komitmen Pemerintah dalam pembangunan SDM Indonesia Unggul” menurut Dr. dr. Brian Sri Prahastuti, yang merupakan Tenaga Ahli Utama, Kedeputian III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis, Kantor Staf Presiden RI.

Ahmad Fathoni yang juga selaku peneliti Puslit Bioteknologi menjelaskan lebih lanjut, ubikayukaya beta karoten akan mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi jika diolah menjadi produk antara yaitu mocaf dengan karakter yang lebih fleksibel dan mampu menyerupai terigu protein sedang. Lebih lanjut Ahmad Fathoni menjelaskan bahwa kegiatan kerjasama ini merupakan kegiatan antara LIPI yang dikoordinatori oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dan konsorsium ubi kayu Boyolali yang meliputi UMKM Mekar Sari sebagai mitra utama, Universitas Boyolali, Yayasan Masyarakat Boyolali dan didukung oleh Pemda Kabupaten Boyolali. Tiga rangkaian kegiatan aplikasi riset LIPI telah dilakukan selama 2 tahun di Boyolali, yaitu: (1) pengujian demplot ubi kayu kaya beta karoten hasil riset LIPI di UBY, (2) pelatihan prosesing ubi kayu kaya beta karoten (KBK) menjadi tepung mocaf KBK dan mocaf kaya beta karoten pati resisten, dan (3) pembuatan mie sayur berbahan mocaf kaya beta karoten. Prof. Enny Sudarmonowati selaku peneliti senior di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang menginisiasi riset ubi kayu LIPI menyampaikan “Seluruh kegiatan LIPI terkait ubi kayu merupakan bagian dari pohon riset IPTEKIN (iptek dan inovasi) ubi kayu dalam Prioritas Riset Nasional”. Lebih lanjut Prof. Enny menyampaikan “Diperlukan kerjasama berbagai stakeholders agar pengembangan ubi kayu sebagai bahan pangan lokal bernilai gizi tinggi yang berkelanjutan menjadi industri dan menjadi ikon oleh-oleh dari Boyolali”.

Dalam kegiatan Seminar dan Pameran Ubi kayu yang dilaksanakan di kantor BP3D Boyolali, dimeriahkan dengan pameran ubi kayu hasil demplot LIPI di Boyolali, pameran pangan olahan berbasis ubi kayu dan m akan Mie Bersama dengan mengundang pelajar, mahasiswa, guru dan pegawai pemda Boyolali untuk lebih mengenalkan produk pangan olahan ubi kayu kepada masyarakat. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara LIPI dengan Pemkab Boyolali menjadi tahapan lanjutan kerjasama untuk memproduksi bibit ubi kayu dan pengujian multi lokasi varietas ubi kayu yang dimulai di tahun 2019 melalui skema pendanaan Inovasi Industri Kemenristekdikti. Selain itu, penandatanganan PKS juga akan dilakukan oleh Puslit Bioteknologi LIPI dengan UMKM Mekar Sari Boyolali untuk pendampingan aplikasi pembuatan mie sayur mocaf kaya beta karoten yang telah dilakukan selama 2 tahun terakhir melalui pendanaan Insinas Riset Pratama Konsorsium, Kemenrsitekdikti.(af)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI