Sudut Biotek

Japan Science and Technology Agency (JST) Kunjungi CSC-BG LIPI, Cibinong

Cibinong. HUmas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menerima kunjungan delegasi Japan Science and Technology Agency (JST) ,(29/11) dikawasan CSC-BG di Cibinong. Kunjungan,  delegasi JST diterima oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI , Kepala Pusat Penelitian Biologi dan Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI juga peneliti yang memiliki kerjasama penelitian dan yang berpotensi untuk bekerjasama dengan JST. “kunjungan dari JST kekawasan CSC-BG, bertujuan untuk meningkatan kerjasama dengan LIPI, selama ini telah banyak proyek penelitian kerjasama antara LIPI dengan JST, diharapkan  pada tahun yang akan datang  terjadi kolaborasi lebih meningkat” tutur Puspita.

Ditempat yang sama vice president  JST( Yoshiko Shirokizawa) mengungkapkan bahwa “LIPI sangat mengesankan apalagi mulai tahun depan banyak sekali fasilitas pendukung penelitian yang akan dibangun, tentu saja menjadi sangat menarik dan kami akan mencari peluang untuk dapat bekerjasama dan meningkatkan kolaborasi lebih lanjut khususnya pada bidang bioteknologi dan Quantum Science”. Saat ini, pemerintah jepang sangat konsen pada kedua bidang ini ungkapnya disela kunjungannya di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI.

Kerjasama LIPI dengan JST-JICA SATREPS Project  yang telah dilakukan khususnya bidang biorefinery mencakup 5 macam teknologi yaitu : lignocellulose biomass pretreatment, production and evaluation of lignocellulose regarding enzymes, microbe breeding for fermentation process and develop eficient separation technology, chemical synthesis of bio-based polymer dan feasibility study the whole process of the integrated biorefinery. Saat ini kegiatan penelitian kerjasama yang masih berjalan adalah “Revegetasi Lahan Alang-alang (Imperaa cylindrica) untuk menghasilkan Energi dan Bahan Biomas” yaitu mengembangkan teknologi untuk menghasilkan bahan dan energi biomas berkelanjutan dengan memanfaatkan alang-alang.  “Melihat perkembangan penelitian yang telah dilakukan di Indonesia, maka kedepan JST berkeinginan membangun cabang di Indonesia yaitu JST Indonesia” tutup Puspita.(est .edt:ks)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI