Sudut Biotek

Manifestasi Kolaborasi 5 Tahun LIPI-Provinsi NTB

ntb2Banyumulek, 5 November 2019. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mengadakan Expo 5 Tahun LIPI di Nusa Tenggara Barat (NTB) bertema “Techno Park Business Center Berbasis Pemanfaatan Bioresources Secara Berkelanjutan pada 5 November 2019 bertempat di Science Technology Industrial Park, Banyumulek NTB. Expo ini sebagai, selain kegiatan penampilan produk hasil iptek kolaborasi LIPI-Provinsi NTB, juga ajang manifestasi kiprah LIPI di NTB selama periode 2015-2019 dalam kerangka Program Techno Park Banyumulek.

Kegiatan ini dihadiri Deputi IPH-LIPI, Enny Sudarmonowati dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkifliemanyah. Enny memaparkan beberapa capaian kegiatan yang dilakukan LIPI selama 5 tahun di hadapan Gubernur NTB, yaitu peningkatan mutu produksi ternak sapi, pengolahan pakan ternak sapi, pengolahan limbah ternak, produk pupuk organik hayati. Produk hasil kegiatan iptek kolaborasi ini selaras dengan misi dan visi NTB yang akan mengembangkan sapi untuk kawasan Indonesia timur, dan nasional.

ntb1Pada kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi NTB, Zulkiflimansyah menyampaikan bahwa keberadaan STIP sebagai tempat rekreasi untuk mencipta kembali inspirasi dan semangat menghasilkan ide dan hal yang baru. Diharapkan ke depannya NTB sebagai ruang destinasi dengan kemajuan teknologinya.

Dari serangkaian acara yang diselenggarakan salah satunya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama alih teknologi antara Puslit Bioteknologi-LIPI dengan SekolahPeternakan Rakyat Ngiring Datu mengenai recording ternak sapi dan pakan ternak, serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama alih teknologi antara Puslit Bioteknologi-LIPI dengan Kelompok Tani Bunga Mekar dan Kampong Coklat Senara mengenai teknologi starter fermentasi kakao dan pengolahan coklat. Dengan kerja sama ini diharapkan pemanfaatan dan alih teknologi LIPI kepada masyarakat dapat lebih termanifestasikan. (Yovita, Wardah/ed: Angga)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI