Sudut Biotek

MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA KUNJUNGI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI

 

uad1Cibinong, 28 November 2019Keingintahuan masyarakat akan penelitian dibidang bioteknologi akhir-akhir ini semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya permintaan kunjungan ilmiah ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebanyak 91 orang. Kegiatan kunjungan ini diterima di Gedung Bioteknologi Peternakan dan dibuka dengan pengenalan dan pemutaran video Profil Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dan dilanjutkan tur ke laboraorium.

Tujuan dari kunjungan ini adalah selain sebagai kegiatan rutin diluar kampus juga untuk memperdalam ilmu pengetahuan mahasiswa terkait bidang Bioteknologi dengan melihat secara langsung laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pada kunjungan kali ini para peserta mengunjungi Laboratorium Genetika Molekuler dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman, Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi dan Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman.

uad2Kunjungan ke Laboratorium Genetika dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan diterima oleh Dr. Wahyuni, beliau menjelaskan berbagai kegiatan yang sedang diteliti dilaboratorium tersebut, dimana kompetensi kegiatan laboratorium Genetika dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman yaitu mengembangkan kajian metabolik tanaman untuk pengembangan marka molekuler, mengembangkan kajian biologi molekuler tanaman dengan fokus rekayasa metabolik jalur biosintesis, transformasi dan analisis ekspresi gen terkait dengan modifikasi jalur biosintesis tanaman, perbaikan sifat tanaman dan konfirmasi keragaman dan perubahan sifat menggunakan kombinasi marka molekuler dan teknologi lain.

Selanjutnya kunjungan ke Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman, laboratorium tersebut memiliki kompetensi diantaranya yaitu melakukan penelitian dan pengembangan teknologi biak sel dan jaringan tanaman untuk: produksi bibit unggul dengan teknologi manipulasi sel somatik, studi metabolit sekunder dan konservasi in vitro. Dilaboratorium tersebut mahasiswa diterima oleh Dr. Laelasari.

uad3Kunjungan selanjutnya ke laboratorium Bokatalis dan Fermentasi, diterima oleh Dr. Nanik Rahmani. Kompetensi Laboratorium Biokatalis dan fermentasi yaitu Mengembangkan penelitian pemanfaatan mikroba dan enzim melalui fermentasi/reaksi berbasis rekayasa genetika mikroba, Produk utama: oligosakarida (pangan fungsional), enzim kasar & enzim murni untuk kebutuhan industri pangan, farmasi dan energi, penyediaan mikroba potensial untuk industri dan lingkungan, produk hasil fermentasi dan Keahlian: Enzimologi, Biologi molekular, Teknik Kimia, Teknik Bioproses, Fermentasi dan Upsclaling Produksi.

Antusias dan keingintahuan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan terhadap penelitian yang dilakukan di laboratorium Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI terlihat cukup tinggi. Terlihat dari pertanyaan-pertanyaan dan dialog yang disampaikan kepada peneliti pada saat melakukan kunjungan ke Laboratorium. (Warda/pranata humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI