Sudut Biotek

Cegah Penyebaran Covid-19, LIPI Desinfeksi Kawasan CSC-BG Cibinong

Cibinong, Humas LIPI. Dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 yang semakin meluas, LIPI melakukan desinfeksi pada fasilitas publik dan semua area satuan kerja di Kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) pada Jumat (3/20), yang meliputi P2 Biomaterial, P2 Biologi, P2 Bioteknologi, P2 Limnologi, PPII, Gedung A Kawasan, Gedung Widya Selaras, dan Rusunawa LIPI. “Sesuai arahan Kepala LIPI, untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kami melakukan agenda penyemprotan desinfektan di seluruh Kawasan CSC-BG LIPI. Karena area cukup luas yaitu ada sekitar 9 gedung, jadi ada 5 tim yang akan bertugas”, jelas Ahmad Fathoni, Ketua PME Kedeputian Bidang IPH LIPI. 

Fathoni menjelaskan, ada sekitar 100 liter lebih cairan desinfektan yang akan digunakan untuk di seluruh kawasan. Desinfeksi diprioritaskan pada ruangan yang dipakai oleh banyak sivitas LIPI, yaitu ruang rapat, fasilitas gedung dan bagian luar laboratorium (koridor), dan tempat ibadah. “Untuk yang paling krusial seperti Gedung PPII yang masih ada beberapa pertemuan yang diadakan, kedepannya akan dilakukan penyemprotan desinfektan setiap hari, jadi setelah ada pertemuan seperti rapat bisa langsung disterilkan”, ungkapnya.

Dirinya menyatakan, agenda desinfeksi ini mengacu pada WHO (World Health Organization), dan Laboratory biosafety manual dalam edisi ketiga. “Desinfektan merupakan bahan kimia yang memiliki kemampuan untuk inaktivasi mikroorganisme sehingga dapat mencegah infeksi”, tuturnya.

Selain agenda desinfeksi, LIPI juga menyediakan hand sanitizer untuk dibagi ke seluruh Kawasan CSC-BG LIPI. “Ada beberapa upaya yang sudah LIPI lakukan untuk pencegahan Covid-19. Selain desinfeksi, kami juga mendistribusikan sebanyak 20 liter hand sanitizer ke seluruh Kawasan CSC-BG LIPI. Sebelumnya LIPI juga sudah mengeluarkan kebijakan untuk WFH (Work from Home) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut”, imbuhnya.

Sementara itu, dirinya juga berpesan untuk petugas yang melakukan desinfeksi agar memperhatikan keselamatan berdasarkan prosedur dalam SOP. “Petugas harus menggunakan alat pelindung diri yang terdiri dari atas wearpack/ pakaian lapang atau baju tertutup lainnya, masker, dan sarung tangan”, tutupnya.(sf/ed: sl)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI