Sudut Biotek

Print

Aplikasi Software Flu Burung Melaju ke Final Brew 2008

JAKARTA: Flu burung, penyakit mematikan yang ditakuti kalangan dunia saat ini, ternyata memberi inspirasi bagi pengembang piranti lunak asal Institut Teknologi Bandung (ITB).

JAKARTA: Flu burung, penyakit mematikan yang ditakuti kalangan dunia saat ini, ternyata memberi inspirasi bagi pengembang piranti lunak asal Institut Teknologi Bandung (ITB). Hasil kreativitas mereka, bahkan mampu melaju ke final kompetisi pengembangan software BREW 2008 di Amerika Serikat (AS).

 Tim ITB menjadi satu-satunya tim dari Indonesia yang memasuki babak final kompetisi tersebut. Mereka bersaing dalam kategori Aplikasi Bisnis Sektor Publik atau Swasta Terbaik.  

ITB mengajukan aplikasi berjudul Poultry Supply Chain Application for Avian Flu Prevention dalam kompetisi pengembangan piranti lunak untuk ponsel itu. Pesaing ITB adalah perusahaan Seven asal Amerika Serikat dengan aplikasi Out of Office dan Greatwall Software Technology Co. (China) yang mengedepankan aplikasi bertajuk Farmer Friend.

BREW 2008 Developers Award merupakan bagian dari konferensi tahunan BREW Conference yang digelar Qualcomm. Konferensi ini dimaksudkan untuk mempromosikan platform Binary Runtime Environment for Wireless (BREW), yaitu sebuah bahasa programan berbasis C/C++ sekaligus sistem distribusi yang memudahkan pengembangan aplikasi bagi perangkat bergerak.  

Konferensi BREW 2008 direncanakan digelar  di San Diego, AS, pada 28-30 Mei 2008. Untuk BREW 2008 Developer Awards terdapat tujuh kategori penghargaan yang akan diberikan untuk aplikasi atau layanan berbasis BREW yang dianggap paling baik, tercanggih ataupun pilihan peserta (People"s Choice).

Finalis BREW 2008 Developer Awards antara lain, untuk Aplikasi Generasi Mendatang Terbaik, finalis yang terpilih, yaitu Eyespot MobileShare oleh Eyespot Corporation (AS), UgenGames Mobile Center oleh Mobitween (Kanada), dan mSpot Makre-UR-Tones oleh mSpot, Inc (AS)  

Sedangkan, kategori Aplikasi Bisnis Sektor Publik atau Swasta Terbaik, finalisnya yaitu Poultry Supply Chain Application for Avian Flu Prevention oleh Institut Teknologi Bandung/ITB (Indonesia), Out of Office oleh SEVEN (AS), serta Farmer Friend oleh Sichuan Greatwall Software Technology Co (China).

Sementara, kategori Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Terbaik, finalis yang terpilih Garmin Mobile oleh Garmin International (AS), Copiloto Ubicacel oleh Telmap, Inc. (Mexico), dan WHERE oleh uLocate Communications, Inc (AS).  

Kategori Aplikasi Komunitas/Sosial Networking Terbaik, beberapa finalis yaitu iSkoot for Skype oleh iSkoot (AS), Loopt oleh Loopt (AS), serta Match.com Mobile oleh Trilibis Mobile (AS)

Sedangkan, finalis kategori Aplikasi Personal/Infotainment Terbaik, yaitu MLB.com Gameday plus Gameday Audio oleh Major League Baseball Advanced Media (AS), mSpot Remix oleh mSpot, Inc. (AS), serta StockExchDiamond oleh Unicom Huajian Network Co. (China)  

Sementara kategori Aplikasi Game Terbaik, SolaRola oleh Eidos (Inggris), Guitar Hero III Mobile oleh Hands-On Mobile, dan Metal Gear Solid Mobile oleh Konami Mobile (AS) (detik/Lea)

 

Sikutip dari : http://www.technologyindonesia.com/ 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI