Sudut Biotek

Print

Meningkatkan Kesadaran Terhadap Diabetes, Pusat penelitian Bioteknologi Menggelar Talkshow “Produk-produk Hasil Riset Pengontrol Gula Darah”

 iseSerpong, 4 November 2018. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI turut memeriahkan gelaran Indonesia Science Expo 2018 dengan mengadakan talkshow dengan judul “Produk Hasil Riset Pengontrol Gula Darah”. Talkshow yang menghadirkan pakar farmakologi dr. Flori Ratna Sari. ini menyuguhkan gambaran umum penyakit diabetes dewasa ini. Selain itu, Talkshow ini juga membahas mengenai produk-produk hasil riset LIPI yang berfokus pada penanggulangan penyakit diabetes.

Dalam talkshow ini, Flori mengungkapkan bahwa besarnya jumlah pengidap diabetes di Indonesia berkorelasi dengan pola makan orang Indonesia yang didominasi karbohidrat dibanding porsi sayur dan proteinnya. Pentingnya riset mengenai diabetes ini bisa dilihat dari besarnya jumlah pengidap diabetes di dunia dan besarnya nilai uang yang digunakan untuk pengobatan diabetes di dunia, yaitu sebesar 1000 triliun per tahun.

Print

LIPI Panen Bersama Ubi Kayu di Subang

ubi1Subang, 8 November 2018. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI hadir untuk menjawab tantangan diversifikasi pangan melalui pengembangan bibit ubi kayu unggul. Hasil riset ini telah di uji coba tanamkan di wilayah Kabupaten Subang. Kegiatan evaluasi hasil pada skala demplot di lapang telah dilakukan di 3 lokasi. Antara lain Desa Palasari, Cijengkol, dan Sagala Herang . Penanaman ubi kayu dilakukan pada awal tahun, yaitu di bulan Februari tahun 2018 dan siap dipanen pada bulan November setelah berusia 9 bulan. Beberapa kecamatan yang dikenal sebagai sentra ubi kayu di Kabupaten Subang adalah kecamatan Tanjung Siang, Cijambe dan Ciater. Ubikayu merupakan salah satu komoditas utama pertanian palawija yang menempati urutan kedua setelah kacang tanah.

Print

Dukung Hilirisasi Riset, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Berpartisipasi pada ISE 2018

ise9Serpong, 1-4 November 2018. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI turut memeriahkan gelaran diseminasi iptek terbesar di Indonesia, Indonesia Science Expo (ISE) 2018. Dalam perhelatan ISE ke-3 ini, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI turut memamerkan produk inokulum kakao INOKA, benih padi gogo Inpago LIPI Go, tepung mocaf kaya betakaroten dan produk turunannya serta yoghurt yang diperkaya ekstrak bawang hitam.

Print

Penghargaan Karya Anak Bangsa dalam Penutupan Indonesian Science Expo (ISE) 2018

Serpise8ong, 4 November 2018. Penutupan acara Indonesian Science Expo (ISE) 2018 kali ini dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada seluruh anak bangsa yang kreatif dan inovatif. “Acara ini bukan sekedar ajang kompetisi, namun semua yang hadir adalah pemenang. Mereka merupakan perwakilan siswa terbaik di Indonesia, “tutur Kepala LIPI (4/11/2018).

Beberapa pemenang kompetisi ilmiah LIPI dihadirkan dalam penutupan acara ISE 2018. Pemberian hadiah ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat mengembangkan potensinya. Inovasi science Iptek karya anak bangsa ini merupakan karya besar. Bahkan rencananya tahun depan ISE menjadi International Science Expo yang akan diikuti oleh berbagai negara, dan Indonesia menjadi tuan rumahnya. Semoga ISE tahun depan menjadi lebih baik.

Print

Kerjasama LIPI dengan Pemerintah Daerah untuk Mendukung Era Industri

ise7Serpong, 3 November 2018. Perubahan di era industri ini problemnya menjadi kompleks, tantangannya tidak hanya peluang dalam Sumber Daya Alam (SDA), melainkan lebih menitik beratkan pada Sumber Daya Manusia (SDM). Diferensiasi SDM berkualitas, ditunjang dengan semangat yang tinggi, mampu berkompetisi, memungkinkan terjadinya persaingan di tingkat lokal maupun global. Poin ini dapat merubah paradigma yang semula mengandalkan SDA bertransformasi menjadi SDM. Begitupun LIPI, tidak sekedar menghasilkan riset dan mendiseminasikannya, namun juga membuka cakrawala SDM, infrastruktur, dan sharing profit, sedangkan untuk mencari investor dapat dibantu oleh Pusat Inovasi LIPI.

Berkenaan dengan hal tersebut, dalam rangkaian kegiatan Indonesian Science Expo (ISE) 2018, LIPI mengadakan pertemuan dengan pemerintah daerah yang membahas tentang kebijakan, program pemanfaatan Iptek nasional untuk mendukung era industri. Acara yang disponsori oleh pihak swasta dan dihadiri oleh para Bupati, perwakilan dari perguruan tinggi, antara lain Rektor Unila, Rektor Universitas Telkom, Rektor Universitas Bangka Belitung, ITB dan pemangku kepentingan (stakeholders) terkait ini sangat menginspirasi, mengapresiasi, memberikan dukungan, sekaligus tantangan di dunia Iptek.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI