• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI

Pengaruh Pemberian Asam Amino Glutamin terhadap Kualitas Spermatozoa Sapi Sumba Ongole (Bos Indicus), Pascakriopreservasi : Skripsi

Foto-Indah Sari

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai konsentrasi asam amino glutamin (5 mM, 15 mM, dan 25 mM) terhadap kualitas spermatozoa sapi sumba ongole (Bos indicus) pascakriopreservasi. Semen diperoleh dari satu ekor sapi SO yang dikoleksi setiap satu minggu sekali selama enam kali pengulangan. Sampel semen diencerkan menggunakan pengencer tris kuning telur (TKT) dan penambahan glutamin. Kelompok kontrol (KK), semen diencerkan dalam TKT tanpa penambahan asam amino, sedangkan pada kelompok perlakuan semen diencerkan dalam TKT dengan penambahan glutamin sebesar 5mM; 15mM; dan 25mM (KP1, KP2, dan KP3).

Semen yang telah diencerkan kemudian diekuilibrasi selama 2 jam dan masuk ke tahap pembekuan menggunakan nitrogen cair. Parameter kualitas spermatozoa meliputi presentase motilitas, viabilitas, integritas membran plasma utuh, dan integritas DNA. Hasil uji analisis varians (ANAVA) satu faktor menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase motilitas, viabilitas, dan MPU spermatozoa sapi SO pascakriopreservasi berbeda nyata antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol (P<0,05). Hal tersebut juga terlihat pada integritas DNA spermatozoa yang menunjukkan bahwa semua kelompok perlakuan mampu mempertahankan integritas DNA pascakriopreservasi. (Indah sari; Pembimbing : Dr. Setiorini, M.Kes dan Dr. Syahruddin Said)

 
 

 Pustakawan : Siti Elly Faisholyah

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI