• perpustakaan
  • Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI

Laporan Kinerja

lakip2017

Laporan Tahunan

laptah2015-web

Laporan RB

cover rb2017

Print

Ruang Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI sebagai Coworking Space Staf

20170412 101130Perpustakaan biasanya di artikan sebagai tempat atau ruangan menyimpan dan mengelola koleksi buku atau majalah yang untuk selanjutnya dapat digunakan atau di pinjam oleh pengguna. Ruang baca hanya digunakan oleh pengguna perpustakaan untuk membaca buku, selain itu ruangan baca juga digunakan mengerjakan tulisan karya tulis, atau tempat untuk istirahat melepas kepenatan selama bekerja.

Untuk menunjang kenyamanan, perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI mencoba memberi pelayanan terbaik bagi penggunanya dengan menyediakan ruang baca yang di lengkapi pendingin ruangan (AC), Jaringan koneksi internet melalui jaringan WIFI, serta jaringan listrik untuk digunakan selama berada di perpustakaan.

Print

Shoot Borers Scirpophaga Excerptalis Walker Attack On Sugarcane At Three Planting Systems

padi2018Scirpophaga excerptalis W alker shoot borers is one of the major pests of sugarcane. The p lants at tacked by this pests wil l dec rease in yield, productivity, and sugar c rystal. The experiment was conducted at the experimental station, in Muktiharjo, Pati fr om January to May 201 3. The aims of the experiment was to determine the coverity of S. excerptalis s hoot borers a ttack on three su garcane cropping systems of (S. officinarum L.).

Print

Kemampuan Bakteri Halofilik Untuk Pengolahan Limbah Industri Pemindangan Ikan

Industri pemindangan ikan dalam proses pengolahannya menghasilkan limbah cair. Limbah tersebut langsung dibuang ke sungai, hal ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan terutama bau akibat dari pembusukan protein.Kapasitasnya 150 m3 per-hari untuk 1 industri. Limbah cair rebusan ikan pindang mengandung beban cemaran yang cukup tinggi, dengan nilai permanganat 15.073 ppm dan BOD 5.380 ppm.Pengolahan limbah cair dalam penelitian ini menggunakan sistem batch dan kontinyu yang diamati setiap hari selama 8 hari (hari ke 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7). Hasil penelitian menunjukkan penurunan nilai permanganat paling optimal terjadi pada hari ke 6 sebesar 4.266 ppm atau penurunannya sebesar 2.401 ppm , atau 36,01 persen untuk sistem batch.

Print

Aplikasi Pengolahan Air Limbah Industri Tapioka Dengan Sistim ABR dan UAF

Dalam rangka mencegah pencemaran lingkungan beberapa industri tapioka telah menerapkan IPAL dengan sistim biologi anaerob. Pada umumnya pembuatan IPAL ini tidak dilandasi kajian faktor-faktor yang mempengaruhi dalam disain reaktor, sehingga pemilihan jenis reaktor menjadi kurang tepat.

Kajian ini bertujuan membandingkan kelayakan teknis dan kelayakan ekonomis penerapan pengolahan air limbah tapioka dengan sistem ABR (Anaerobic Baffled Reactor) dan sistem UAF (Upflow Anaerobic Filter). Sistim ABR telah diterapkan di Sentra Sekalong dan sistim UAF diterapkan di Sentra Margoyoso, Jawa Tengah

Data yang digunakan untuk penelitian bersumber pada hasil penelitian dan penerapan prototipe IPAL industri tapioka di sentra Sekalong dan sentra Margoyoso.

Print

Pemanfaatan Konsorsium Mikrobia Untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Lumpur Aktif

Industri tekstil sebagian besar menggunakan mengolah limbah cair pada instalasi pengolahan air limbah dengan menggunakan sistem fisika, kimia, dan biologi. Sistem biologi yang digunakan biasanya adalah lumpur aktif yang terkadang mengalami gangguan. Tujuan penelitian ini adalah membuat konsorsium mikrobia terpilih yang dapat menaikkan kinerja lumpur aktif yang sedang terganggu, diindikasikan dengan turunnya nilai sludge volume dalam reaktor lumpur aktif serta menurunkan COD air limbah terolah. Terpilih 6 (enam) jenis bakteri non patogen yaitu Bacillus macerans, Bacillus subtilis, Bacillus thuringiensis, Bacillus sp, Kurthia zopfii,dan Pseudomonas stutzeri untuk digabungkan dalam satu konsorsium. Hasil uji antagonisme antar species terpilih menunjukkan tidak munculnya zone penghambatan, sehingga 6 (enam) jenis bakteri tersebut dapat digabungkan menjadi satu kesatuan.

Print

Pemisahan Tanin Dan HCN Secara Ekstraksi Dingin Pada Pengolahan Tepung Buah Mangrove Untuk Substitusi Industri Pangan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kondisi optimal dalam pemisahan tanin dan HCN pada pengolahan tepung buah tancang (Bruguiera gymnorhiza) sehingga dihasilkan tepung tancang yang aman digunakan untuk substitusi bahan baku industri pangan. Penelitian ini dilakukan dengan perlakuan pendahuluan yaitu diblansing dengan cara direndam dalam air panas suhu 95-100 0C dengan variabel waktu perendaman 5menit(mnt); 7,5 mnt; 10 mnt dan 15 mnt. Dari masing-masing waktu blansing dilanjutkan dengan pengupasan dan tanpa pengupasan (sebagai pembanding) serta perendaman dan tanpa perendaman (pembanding). Ekstraksi dilakukan dengan perendaman dalam air selama 2 hari.

Print

Pengolahan Air Limbah Industri Karton Box Dengan Metode Integrasi Upflow Anaerobic Sludge Bed Reactor (UASB) Dan Elektrokoagulasi-Flotasi

uasbPenelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kinerja teknologi integrasi Upflow Anaerobic Sludge Bed Reactor (UASB) dengan elektrokoagulasi-flotasi (ECF) sebagai unit pengolah air limbah industri karton box dalam berbagai kondisi operasi. Sebelum diaplikasikan, unit UASB diawali dengan proses aklimatisasi selama 7 hari menggunakan dua jenis substrat, yaitu gula dan pati.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI