Pelaksanaan UU RI No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam Di Puslit Bioteknologi LIPI

CaptureSetiap instansi atau unit kerja, baik instansi pemerintah ataupun instansi swasta menghasilkan terbitan sebagai output laporan dari berbagai jenis kegiatannya. Terbitan tersebut dapat berupa laporan, buku, majalah, akademik paper, prosiding dan lain sebagainya.

Mengapa setiap penerbit harus menyerahan karya cetak dan karya rekamnya ke Perpustakaan Nasional? Karena perpustakaan Nasional merupakan instansi yang mempunyai tugas menyimpan koleksi perpustakaan sebagai koleksi deposit yang diperkuat dengan adanya UU RI No. 4 Tahun 1990 tentang Serah-Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam.

Apa itu karya cetak dan karya rekam?Karya cetak adalah semua jenis terbitan dari setiap karya intelektual dan atau artistik yang dicetak dan digandakan dalam bentuk buku,  majalah,  suratkabar,  peta,  brosur,  dan sejenisnya yang diperuntukkan bagi umum, sedangkan karya rekam adalah semua jenis rekaman dari setiap karya intelektual dan atau artistik yang direkam dan digandakan dalam bentuk  pita,  piringan,  dan bentuk  lain  sesuai dengan perkembangan teknologi yang diperuntukkan bagi umum; (Pasal 1 UU RI No. 4/1990)

Sedangkan Koleksi deposit, menurut Newalty, adalah kumpulan dari karya cetak dan karya rekam bangsa yang diserahkan oleh para penerbit dan pengusaha rekam kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai hasil dari pelaksanaan Undang-Undang No. 4 tahun 1990 dan peraturan pelaksanaanya yang menjelaskan tentang karya cetak dan karya rekam yang wajib dilestarikan, sebagai warisan budaya bangsa dan sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia. (http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/62406/Chapter%20II.pdf;jsessionid=288E5E3E97D1D7CC86BC40C82B62A56D?sequence=3).

Jika melanggar kewajiban serah simpan karya cetak dan karya rekam tersebut, maka akan terkena pidana kurungan atau pidana denda. Demikian menurut undang-undang tersebut.

Di Puslit Bioteknologi LIPI beberapa buku yang dicetak tidak melalui jalur LIPI sudah diserahkan ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta dan ke Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Barat di Bandung, antara lain berupa Prosiding ISIBio, sesuai pernyataan UU tersebut, sedangkan yang melalui jalur LIPI Press penyerahan terbitannya dikelola oleh LIPI Press. 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI