• banner biotek2
Print

PELATIHAN FERMENTASI BIJI KAKAO

on .

kakao1Bogor-- Kakao merupakan salah satu komoditas primadona untuk pasar lokal dan internasional. Kenyataannya, selama ini, nilai jual biji kakao di pasaran terbilang rendah karena hasil biji kakao belum berkualitas baik.

Muasalnya, sampai saat ini masih banyak petani kakao yang tidak melakukan proses fermentasi pada biji kakao yang mereka jual. Sehingga dibeli dengan harga yang sangat murah oleh pihak industri. Sebagian petani juga telah melakukan proses fermentasi tradisional tanpa starter, tapi hasil biji kakao yang dihasilkan belum seragam menyebabkan pihak industri tetap membeli dengan harga biji kakao asalan.

Print

Kunjungan SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

on .

sma3Cibinong-- Senin, 15 Mei 2017, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menerima kunjungan Siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang berjumlah 40 siswa. Peserta kunjungan diterima di Gedung Auditorium Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Acara di buka dengan pemaparan secara umum tentang 17 laboratorium yang ada di Puslit Bioteknologi LIPI dan pemutaran video profil Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Kunjungan kali ini difokuskan mengunjungi laboratorium genomik dan perbaikan mutu tanaman, laboratorium terapeutik protein dan vaksin, laboratorium kimia bahan alam dan laboratorium rekayasa protein dan pengembangan sistem penyampaian obat. Melihat antusias dan semangat siswa/i SMA Negeri 3 Kab. Tangerang saat melihat kegiatan penelitian di laboratorium, diharapkan selain dapat memberikan tambahan pengetahuan juga diharapkan siswa/i SMA Negeri 3 Kab. Tangerang dapat lebih mengenal kegiatan-kegiatan yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. (warda/humas)

Print

Pelatihan Perbanyakan Bibit Tanaman Buah Lokal Koleksi Kebun Plasma Nutfah

on .

kpn1Cibinong-- Kebun plasma nutfah merupakan salah satu bentuk kebun konservasi tanaman buah-buahan tropis lokal yang didirikan oleh LIPI. Tanaman utama di dalam Kebun Plasma Nutfah adalah jenis tanaman buah-buahan lokal Indonesia dengan 105 varietas dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar tanaman buah-buahan tersebut telah memiliki sertifikat determinasi sebagai pohon induk unggul. Keberadaan pohon induk dapat menjadi sumber plasma nutfah untuk memproduksi bibit unggul turunannya.

Posisi Indonesia sebagai negara mega biodiversity di dunia mengakibatkan sudah selayaknya pemeliharaan dan pengembangan potensi kebun plasma nutfah sebagai salah satu sumber daya genetik khususnya tanaman buah tropis dataran rendah terus dilakukan agar manfaatnya dalam pelestarian lingkungan dan areal konservasi perkotaan tetap berlangsung. Kegiatan alih teknologi perlu dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan dalam menghasilkan bibit tanaman unggul mengenai teknologi perbanyakan tanaman.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

icon-pelatihan-b

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI