Kebun Plasma Nutfah Puslit Bioteknologi LIPI dikunjungi SD Plus Cerdas Alam Rizkia

Cibinong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), pada (Kamis 10/10) menerima kunjungan SD Plus Cerdas Alam Rizkia Bogor, Rombongan yang berjumlah 54 orang terdiri dari 45 orang siswa dan 9 orang guru pendamping. Rombongan berkunjung ke kebun plasma nutfah dan mendapatkan informasi tentang kegiatan yang dilakukan  dirumah kasa model hidroponik sayuran dan model budidaya sayuran organik. “Sayuran organik dibudidayakan secara alami tanpa tambahan bahan kimia. Media tanam yang menggunakan pupuk, pemillihan bibit, proses tanam, pemeliharaan dan pembasmian hama tidak menggunakan bahan kimia yang notabene dapat mengganggu kesehatan” ungkap, Heru Wibowo yang merupakan salah seorang  teknisi di Laboratorium Agronomi untuk Evaluasi Produk Bioteknologi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Dukung Sinergi IPTEK Peternakan, Puslit Bioteknologi-LIPI jalin Kerja Sama dengan Balai Besar Biogen Kementan

warda1Cibinong, 18 September 2019. Sinergi menjadi salah satu kata kunci yang kerap didengungkan di era industri 4.0. Terlebih lagi apabila menyangkut usaha untuk menghasilkan produk iptek. Kolaborasi antar instansi litbang semakin menjadi penting dipraktikkan.

Dalam rangka mewujudkan sinergi iptek, pada tanggal 18 September 2019 bertempat di kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, dilaksanakan kegiatan penandatangan naskah kerja sama antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik, yang menjadi salah satu mata acara " Workshop Diseminasi dan Penjalinan Kerjasama Vub Sorgum Manis Bioguma Agritan".

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Gelar Workshop Metabolomik

workshopCibinong, 2 September 2019. Perkembangan riset metabolomik terus melaju pesat di dunia dan sejauh ini aplikasinya sudah cukup luas dalam berbagai bidang. Metabolomik merupakan studi interdisipliner yang melibatkan profil kuantitatif metabolit yang berperan dalam proses metabolisme dalam suatu organisme. Sejauh ini Indonesia masih menghadapi permasalahan terkait terbatasnya pemahaman mengenai metabolomik dan aplikasinya untuk riset pangan walaupun, Pusat Unggulan Iptek (PUI) Biorefineri Terpadu sudah melakukan riset terkait pangan fungsional dan nutrasutika termasuk aplikasi riset dalam beberapa tahun belakangan. “Oleh karena itu melalui workshop ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terkait metabolomik sehingga kedepannya kita mampu meningkatkan produktivitas riset pangan fungsional dan nutraseutika dengan aplikasi metabolomik” ungkap Puspita Lisdiyanti, selaku Plt. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, saat memberikan sambutan pembukaan workshop metabolomik.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI