Deteksi SAR-Cov2 di Laboratrium BSL-3 Puslit Bioteknologi LIPI

Pinterest LinkedIn Tumblr +
image_pdfimage_print

Serangan Virus Severe Acute Respiratory Syndrom coronavirus 2 (SARS CoV 2) melanda seluruh dunia, menyebabkan terjadinya pandemik penyakit COVID 19. Indonesia ikut berjuang untuk mengatasi wabah ini. Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia, khususnya pusat penelitian bioteknologi melalui laboratorium BSL 3, ikut berperan aktif dalam usaha penanggulangan wabah covid 19.

Laboratorium BSL 3 LIPI memiliki fasilitas untuk menangani patogen-patogen level 3, yang artinya dapat tersebar melalui udara. Lab BSL 3 diresmikan pada bulan desember 2018, merupakan fasilitas yang tersertifikasi secara internasional. Sertifikasi didapatkan dari World BioHazTec, suatu lembaga sertifikasi untuk fasilitas laboratorium di US, Asia, dan South America, untuk kawasan asia berkantor di singapura. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh lab BSL 3, dan didukung dengan sumber daya manusia unggul yang dimiliki LIPI, maka kita dapat turut berperan aktif dalam penanganan wabah covid 19. Bulan Maret 2020, Laboratorium BSL 3 mendapatkan mandat untuk melakukan pelatihan penanganan virus SARS CoV 2, didukung dengan SDM LIPI yang secara pengetahuan dan skill yang sudah tidak diragukan lagi.Kebutuhan akan pelatihan penanganan virus SARS CoV 2 ini sangat dibutuhkan karena minimnya pengetahuan mengenai penanganan patogen terutama untuk tenaga kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien. Maka dibuatlah program “Indonesia Memanggil”, yang berisi pelatihan penangangan virus SARS CoV 2, cara pemakaian APD yang benar untuk mencegah terjadinya LAI (Laboratorium Acquired Infection) pada tenaga kesehatan, manajemen resiko pelaksanaan laboratorium deteksi, dan pelatihan analisa RT-PCR. Program “Indonesia memanggil” telah berhasil memberikan pelatihan secara Online dan 0ffline terhadap lebih dari 1000 orang yang berasal dari tenaga kesehatan ataupun para sukarelawan dan praktisi kesehatan di seluruh Indonesia. Saat ini telah dimulai program “Indonesia Memanggil tahap 2” yang diselenggarakan oleh LIPI dan bekerjasama dengan BNPB Indonesia.

Tanggal 1 Mei 2020, secara resmi LIPI membuka layanan deteksi virus SARS CoV 2. Deteksi virus SARS CoV 2, dilakukan dengan menggunakan metode Real Time PCR (RT-PCR). Materi genetik dari virus SARS CoV 2 yang berupa ssRNA + (single strain RNA +), diisolasi dalam fasilitas BSL 3. Kemudian dilakukan proses RT-PCR dengan primer-primer spesifik penanda virus SARS CoV 2, sehingga didapatkan hasil secara kualitatif, apakah virus SARS CoV 2 terdeteksi atau tidak didalam specimen klinis pasien.Untuk deteksi virus SARS CoV 2 ini, LIPI menyediakan aplikasi ELSA. LIPI juga berkerjasama dengan PT. Satu Laboratorium Utama (SLU), untuk penerimaan sampel dan penyediaan kebutuhan laboratorium. Per 1 September 2020, sudah hampir 11.000 spesimen yang telah diuji di laboratorium BSL 3.

Deteksi virus SARS CoV 2 ini dilaksanakan oleh para SDM LIPI yang berkualitas, berdedikasi dan berpengalaman. Hampir seluruh tim deteksi yang begabung adalah para peneliti dengan pendidikan magister dan doktor. SOP bekerja di fasilitas BSL 3 dibuat dengan mempertimbangkan keutamaan keselamatan pekerja dan specimen mengikuti kaidah biosafety dan biosecurity yang disusun oleh pengelola laboratorium BSL 3. Selain proses deteksi yang dilaksanakan di fasilitas BSL 3, rangkaian deteksi ini didukung oleh banyak bagian dari LIPI, dari mulai front desk untuk penerimaan sampel, logistik untuk penyediaan reagen dan konsumable yang dibutuhkan, sampai tim IT dengan aplikasi ELSA dan pelaporan hasil deteksi untuk data base secara nasional. Keluarga besar LIPI yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mengerahkan kemampuan masing-masing bidang, untuk berkontribusi  saling bekerjasama untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Pelatihan “Indonesia Memanggil”, Penggunaan APD yang benar

Pelatihan “Indonesia Memanggil”, Risk Management

Pelatihan “Indonesia Memanggil”, spill management, untuk tenaga kesehatan RS Wisma Atlit

Pemakaian APD untuk personel yang akan bertugas

Personel mengerjakan ekstraksi RNA dalam laboratorium BSL 3

 

Tim Deteksi SARS CoV 2, Laboratorium BSL 3, LIPI

Penulis: Dian Fitria Agustiyanti dan Ratih Asmana Ningrum

Share.

About Author

Leave A Reply