Herbal Immunomodulator, Tingkatkan Imun Pasien Covid-19

Pinterest LinkedIn Tumblr +
image_pdfimage_print

Cibinong, Humas LIPI. Perkembangan Covid-19 di Indonesia belum berakhir, semakin hari semakin meningkat grafiknya, hal ini disebabkan adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sementara kesadaran masyarakat Indonesia belum terlihat nyata dalam mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker, tidak menjaga jarak, dan tidak mencuci tangan.

Muncul pula klaster perkantoran yang berkontribusi dalam peningkatan Covid-19. Aturan yang semula Work From Home (WFH) menjadi Work From Office (WFO) tidak diimbangi dengan kepatuhan mematuhi protokol kesehatan dan menghindari tempat-tempat keramaian yang potensial menyebabkan seseorang terinfeksi Covid-19.

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Dr. Masteria Yunolvisa Putra menjelaskan “Saat ini LIPI sedang mengembangkan immunomodulator dari bahan tanaman herbal asli, seperti jahe merah, sambiloto, meniran dan daun sembung yang ada di Indonesia untuk pasien Covid-19 yang berguna untuk meningkatkan imun para pasien Covid-19,” ujar Masteria dalam  Acara Metropolis di Jak TV bertajuk “Transformasi Penelitian Covid-19”, pada Jumat 25 September 2020.

Masteria memaparkan bahwa ketika kita diserang oleh virus, pertahanan yang paling pertama itu adalah sistem imun kita. “Apabila imun kita kalah, maka kita terserang penyakit. Obat yang paling ampuh untuk Covid-19  sampai saat ini belum ditemukan,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan, immonumodulator  telah diujicobakan ke pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, tanggal 15 Agustus 2020 pada subjek penelitian terakhir (subjek ke-90). “Sekarang sudah kita laporkan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), tinggal menunggu hasilnya,” pungkas Masteria penuh harap. (dr ed sl)

Share.

About Author

Leave A Reply