Knowledge Sharing Seminar

Pinterest LinkedIn Tumblr +
image_pdfimage_print

Indonesia merupakan salah satu negara penting penghasil gaharu. Beberapa spesies penghasil gaharu dapat ditemukan di Indonesia dengan sebaran jenis Aquilaria terutama di Indonesia bagian barat dan Gyrinops di bagian timur.
Penebangan pohon penghasil gaharu secara besar-besaran di habitat aslinya telah mengakibatkan pohon tersebut masuk dalam Appendiks II CITES dan terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh IUCN.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi keberadaan spesies ini dan memastikan keberlanjutan produksi gaharu, seperti pembatasan kuota penebangan, pengaturan perdagangan gaharu, konservasi spesies tanaman dan promosi budidaya spesies.
Salah satu masalah dalam konservasi, penentuan kuota penebangan dan perdagangan adalah sulitnya identifikasi spesies. Identifikasi spesies berdasarkan informasi DNA diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Masalah lainnya adalah budidaya yang belum optimal untuk menjamin produksi gaharu yang berkelanjutan.
Beberapa pendekatan melalui analisis transkriptomik dan ekspresi gen diperlukan untuk mendukung identifikasi jenis dan menemukan metode yang sesuai untuk produksi gaharu berkualitas baik sesuai kebutuhan pasar.
Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mengundang Sahabat LIPI untuk hadir dalam Knowledge Sharing Seminar yang dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Mei 2021, pukul 09.00 – 11.00 WIB.
Share.

About Author

Leave A Reply