Pusat Riset Rekayasa Genetika BRIN Gelar Hands on Training Cell Sorter

Pinterest LinkedIn Tumblr +
image_pdfimage_print

Cibinong, Humas BRIN. Cell sorter merupakan alat yang diperlukan untuk melakukan penapisan sel berdasarkan karakteristik tertentu. Teknologi fluorescence activated cell sorter (FACS) memungkinkan penapisan sel berdasarkan deteksi protein marker dengan senyawa fluorokrom maupun dengan protein yang berfluoresens (GFP, RFP, mcherry, dan lain-lain).

Alat cell sorter dengan kemampuan untuk population sorting maupun single cell per well sorting untuk monoklonalisasi, telah tersedia di Gedung Genomik, BRIN. Sorting populasi sel ini diperlukan untuk mendapatkan populasi sel dengan sifat yang homogen, seperti pada penapisan sel punca (stem cells) yang diisolasi dari tali pusat maupun plasenta. Sedangkan monoklonalisasi sangat penting untuk pengembangan sel rekombinan untuk menghasilkan produk biologi, pengembangan model sel (knock out cells), maupun monoklonalisasi hibridoma.

Untuk meningkatkan kapasitas SDM IPTEK dan mengoptimalkan pemanfaatan alat cell sorter yang telah tersedia di BRIN, Pusat Riset Rekayasa Genetika menggelar Hands on Training Cell Sorter pada 11-12 Agustus 2022 di Gedung Genomik, KST Soekarno, Cibinong.

Kepala Pusat Riset Rekayasa Genetika, Dr. Ratih Asmana Ningrum, yang berkesempatan membuka acara berharap agar semua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. “Saya berharap ilmu yang diperoleh dapat diajarkan kembali kepada rekan yang lain dan agar kerja sama dengan pihak BD Southeast Asia dapat berlanjut untuk keberlangsungan pemanfaatan cell sorter yang saat ini telah terinstal di Lab Kultur Sel Mamalia, Gedung Genomik,” ucapnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang peserta dari beberapa pusat riset yang terkait dengan penelitian menggunakan teknologi FACS, yaitu dari Pusat Riset Rekayasa Genetika (5 orang), Pusat Riset Vaksin dan Obat (2 orang), Pusat Riset Zoologi Terapan (2 orang), Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (2 orang), dan Pusat Riset Biomedis (1 orang). Sebelumnya, Cell Biology Seminar terkait cell sorter ini telah dilaksanakan pada 4 Agustus 2022 dengan mengambil tema Cell Sorter and Its Application in Cell Line Development, dengan pembicara Sim Chia How, Application Manager dari BD Southeast Asia.

Pelatihan ini dipandu langsung oleh Muhammad Hasan, S.Si. selaku BD Application Manager Indonesia. Hasan menyampaikan bahwa alat flowcytometer FACS Melody ini didedikasikan untuk cell sorting, bukan untuk kebutuhan analisis sehingga untuk tujuan analisis, “saya merekomendasikan untuk menggunakan FACS Accuri yang tersedia di lantai 2, Gedung Genomik. Selain itu, cell sorter ini ditempatkan di dalam lab kultur sel mamalia untuk mencegah agar sel hasil sorting nantinya tidak terkontaminasi dan dapat dikultur lebih lanjut,” tutur Hasan.

Pada hari pertama pelatihan, peserta mempelajari tentang prinsip kerja dan teknis pengoperasian alat serta aplikasi langsung di lab untuk penapisan sel darah putih. Sedangkan pada hari kedua, peserta melakukan praktik single cell per well sorting dan population sorting pada sel yang mengekspresikan GFP. Selain itu, peserta juga mempelajari tentang perawatan alat dan pengaturan kompensasi berdasarkan fluorokrom yang digunakan.

Selaku koordinator kegiatan, Dr. Endah Puji Septisetyani menyampaikan sangat bersyukur karena pelatihan berjalan dengan lancar dan para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.  (wt)

Share.

About Author

Leave A Reply